Our Partners

Gunakan GSunni Mesin Pecari Aswaja, agar tidak tersesat di situs2 wahabi.. klik sini..

PCINU Maroko

get this widget here

Resources

Catwidget2

?max-results="+numposts2+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts4\"><\/script>");

Catwidget1

Pages

Catwidget4

?max-results="+numposts2+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts4\"><\/script>");

Catwidget3

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Selasa, 08 Mei 2012

Islam Agama Cinta Damai

Selama ini disepakati kalau agama islam itu merupaka agama yang paling sering disalahartikan didunia. Sayapun sependapat dengan pernyatan tersebut. Sungguh merupakan suatu hal yang menyedihkan bahwa manusia didunia tidak bisa memahami filsafah ajaran agama islam berkaitan dengan kedamaian. Salah satu bidang yang paling sering menimbulkan kesalahan pengertian adalah konsep tentang jihad. Konsep jihad ini sudah sedemikian dipelintir dan diputarbalikan sehingga menimbulkan konotasi negatif tentang islam.

Sungguh menyedihkan orang jadinya tidak bisa mengenali kencatikan islam karena itu. Belakangan ini tema jihad memang sering dibicarakan, ada yang membicarakan secara keilmuan ada pula yang serampangan. Ada yang ekstrim dan ada pula yang menyepelekan.

Perlu difahami dengan baik, bahwa jihad merupakan bahasa Al Quran, maka Al Quran-lah yang paling berhak menceritakan apa makna jihad sebenarnya. Akal dan perasaan kita wajib tunduk kepadanya, dan tidak boleh mengingkarinya atau memberikan pemahaman apologi yang menyimbolkan kekalahan mental umat Islam dari orang Barat, hanya karena takut disebut teroris.

Dalam pikiran saya. Sesungguhnya islam itu seperti batu intan yang cantik, sebuah intan kedamaian. Dari sudut manapun kita memandangnya tetap saja akan menggambarkan kedamaian semata. Namun memang terdapat demikian banyak distorsi dalam ajaran hakiki islam.

Penafsiran salah dari kata ini menggambarkan penyerbuan tentara muslim ke Negara lain dan memaksa penduduknya masuk ke agama islam. Sepertinya lascar muslim itu menggenggam al-qurandi tangan yang satu dan pedang ditangan lainnya sambil mengultimatum orang untuk mnerima islam atau mati. Ini adalah kesalahan konsep jihad yang bersifat mutlak; konsep seperti itu tidak ada kaitannya dengan islam sebagai agama yang damai.

Makna hakiki daripada jihad adalah berjuang dan berusaha keras bagi pembaharuan dunia guna menjadikannya sebagai tempat yang damai bagi semua manusia. Jihad paling akbar bagi seorang muslim adalah perjuangan memperbaiki dirinya sendiri, perjuangan melawan nafsu diri dan godaan syetan yang membawa kepada kejahatan. Bila kita melakukan perang melawan semua hal ini maka sesuai dengan ajaran islam kita dianggap sebagai  orang yang berjihad sesuai dengan maknanya yang paling luhur. Membelanjakan harta bagi penyebaran agama menurut islam adalah termasuk bentuk jihad juga. Menolong fakir miskin melalui sodakoh adalah bentuk jihad lainnya.

Keadaan yang mengizinkan  umat Muslim untuk mengangkat senjata hanya jika musuh menyerang mereka dengan tujuan merampas nyawa, harta dan kehormatan mereka atau bermaksud memupus agama yang mereka anut. Hanya dalam situasi seperti itu saja umat muslim diprkenankan berperang membela diri dan tidak akan ada orang yang waras  yang akan mempertanyakan hal  tersebut. Yang menarik dalam islam adalah meski umat islam diberi hak untuk membela diri tetapi mereka tetap saja dianjurkan untuk berupaya sekuat kuatnya menciptakan kedamaian. Bahkan dimedan perang sekalipun. Harus dilakukan beragai upaya agar perang bisa dihindari. Jika tidak berhasil, konflik hanya bisa dilanjutkan sepanjang penganiayaan masih saja berlangsung.jika musuh islam sudah meletakan senjata maka muslim harus menghentikan perang mereka.

Sekarang semoga sudah bisa lebih dimengerti bagaimana ajaran islam sebenarnya untuk mengembangkan kedamaian dan toleransi. Ajaran luhur islam berkaitan dengan konsep jihad di masa kini telah terdistorsi secara total.. Jihad ada dasarnya yaitu upaya memperbaiki amal soleh dan berjuang melawan godaan syetan. Jihad yang dilakukan sepanjang umur demikian merupakan jihad paling akabar. Bentuk jhad yang lebih kecil adalah berperang dalam rangka membela diri terhadap mereka yang berupaya memunahkan kaum mukminin dan memupus agama dari muka bumi,  bahkan dalam keadaan demikian itu pun islam telah memberikan ajaran yang cantik dan berperikemanusiaan.

Islam adalah agama kedamaian sehingga mempertautkan agama ini dengan laku pertumpahan darah , terorismem , bom bunuh diri atau tindak kekerasan lainnya adalah suatu hal yang salah dan keliru sama sekali.

Islam  membawa pesan damai bagi seluruh umat manusia. Panji2 islam yang ditegakkan tinggi adalah panji kedamaian. Dengan mengikuti ajaran islam maka  seluruh umat manusia bisa merasakan kedamaian……..

*Oleh: Kusnadi El-Ghezwa

Comments :

0 komentar to “Islam Agama Cinta Damai”